Cara Biakkan Microworm Tanpa Starter Bermodal Kentang

Cara Biakkan Microworm Tanpa Starter Bermodal Kentang. Microworm adalah salah satu pakan makanan burayak ikan yang sangat bergizi. Cacing mikro aslinya bernama panagrellus redivivus dan merupakan nematoda ( cacing giling ).

Ukuran microworm yang sangat kecil membuatnya sangat cocok diberikan sebagai makanan ikan yang murah. Microworm bisa hidup dari kentang ataupun dari bubur yang diberi ragi.

Anda bisa mendapatkan microworm dari alam dengan cara yang sangat mudah. Dengan mendapatkan microworm dari alam maka Anda bisa membudidayakannya sehingga tidak perlu lagi mencari di alam.

Cara Dapatkan Microworm dari Alam Bermodal Kentang

Cara Biakkan Microworm Tanpa Starter Bermodal Kentang
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan microworm sebagai starter Anda. Untuk menghemat biaya maka Anda bisa menggunakan kentang sebagai media bersarangnya microworm.

Microworm cenderung hidup di tanah yang lembah dan dekat dengan pepohonan. Oleh karena itu, cara mendapatkannya juga sangat mudah.

1. Pertama-tama, Anda ambil sebutir kentang kemudian dipotong 1/3 saja.

2. Bolongi kentang tersebut berbentuk bulat dengan kedalaman +/- 5 cm.

3. Pergi ke tempat yang banyak pohon / hutan, dan cari lokasi tanah yang diapit dua pohon. Jarak yang pas adalah +/- 3 meter dari kedua pohon.

4. Gali tanah tersebut +/- 70cm dari permukaan tanah.

5. Tanamkan kentang pada lobang tersebut dan tutup lagi tanahnya. Berikan tanda agar tidak lupa ketika nanti mau memanen microworm.

6. Setelah tanam, biarkan selama 1 minggu.

7. Setelah 1 minggu, koreklah tanah tersebut. Keluarkan kentang dan lihat apakah di dalam bolongan kentang tersebut terlihat ada cacing-cacing kecil dan berbau busuk.

8. Jika Anda berarti Anda berhasil memancing microworm untuk bersarang di kentang Anda. Jika tidak ada maka cari lagi tanah sekitar yang diapit dua pohon, gali dan tanamkan kembali kentang tersebut.

Cara Biakkan Microworm Tanpa Starter Bermodal Kentang

Cara Biakkan Microworm Tanpa Starter Bermodal Kentang
Setelah ada starter dari kentang, maka saatnya Anda biakkan microworm tersebut agar Anda tidak usah lagi cari microworm di alam bebas.

Microworm bisa dibiakkan dengan bubur beragi ataupun roti. Saya lebih prefer membiakkan dengan bubur karena lebih mudah dan perkembangannya yang pesat.

Cara Biakkan Microworm dengan Bubur Ragi

1. Siapkan gelas plastik bening.

2. Masukkan bubur beras 1/3 bagian.

3. Taburkan bubuk ragi +/- 1 sendok teh.

4. Korek tengah kentang yang tadi Anda dapatkan microwormnya, dan letakkan mengambang pada tengah bubur tersebut.

5. Biarkan selama 2 – 3 hari dan lihat apakah microworm Anda bertambah banyak. Tanda banyaknya microworm bisa dilihat dari dinding gelas plastik.

6. Semakin putih pekat dinding gelas plastik berarti semakin banyak koloni microworm tersebut. Ambil dengan sendok teh microworm yang nempel di dinding gelas plastik.

7. Berikan pada ikan Anda.

Perhatikan Hal Ini

  • Microworm bisa bertahan pada suhu rendah tetapi tidak bisa bertahan di suhu tinggi. Jangan biarkan tempat pembiakkan microworm terkena sinar matahari.
  • Aduk wadah pembiakkan 1 minggu sekali agar microworm tetap bisa makan bubur ragi Anda. Microworm tidak bisa merendam diri dalam makanan, dan hanya makan dari atas.
  • Jika wadah pembiakkan berbau sangat tengik dan berwarna hitam artinya microworm Anda gagal berkembang biak sehingga Anda harus cari lagi microworm di alam bebas untuk digunakan sebagai starter.
  • Microworm cocok untuk makanan burayak cupang.
Terms: cara membuat microworm, microworm, cara membuat microworm dari roti tanpa starter, cara mendapatkan microworm dari alam, cara membuat microworm tanpa starter, cara budidaya microworm, starter microworm, cara kultur microworm, budidaya mic, kultur microworm tanpa starter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy