Panduan Cara Ganti Password Gmail Lengkap dengan Gambar

Untuk meningkatkan keamanan akun Google Anda, sangat di sarankan mengganti password gmail setiap 1 ~ 2 bulan sekali. Dengan mengganti password gmail Anda maka Anda akan lebih aman dan terhindar dari para hacker. Mengganti password gmail tidaklah sulit bagi orang yang sering mengotak-atik akun googlenya, sedangkan bagi para pemula hal ini lumayan sulit.

Panduan Cara Ganti Password Gmail Lengkap dengan Gambar ini adalah salah satu request dari teman saya yang sering bingung ketika mau ganti password. Dia sendiri telah beberapa kali di hack orang, dengan kerugian yang cukup banyak.

Panduan Cara Ganti Password Gmail Lengkap dengan Gambar
Karena akun googlenya terkait dengan akun gamesnya yang bernilai tinggi, banyak orang ingin mencuri darinya. Oleh karena itu sangat penting mengamankan akun gmail Anda agar tidak mudah di curi.

Panduan Cara Ganti Password Gmail Lengkap dengan Gambar

Saya sering mendapatkan laporan akun teman yang terkena hack karena tidak ada pengamanan yang ketat di akun tersebut. Selain itu, teman saya juga menggunakan password / kata sandi yang sangat sederhana.

[artikel number=”1″ tag=”cara-buat-blog”]

Dia juga jarang mengganti password bahkan tidak pernah menggantinya dari awal buat. Hal itulah yang membuat akun gmailnya begitu mudah di bobol oknum tak bertanggung jawab.

Untuk mencegah hal ini maka gantilah password / kata sandi anda secara berkala. Informasi panduan cara ganti password gmail lengkap dengan gambar ini sengaja saya sajikan untuk mempermudah Anda dalam mengganti password gmail Anda.

Membuat Password yang Kuat untuk Akun Gmail

Untuk mengganti password tidaklah sulit, tetapi hal pertama yang harus kita pelajari adalah membuat password yang kuat. Jika Anda yang awalnya menggunakan password sederhana namun di ganti dengan yang lebih sederhana, maka sama saja akan tetap mudah di hack.

Ini adalah daftar password / kata sandi yang paling buruk karena terlalu sederhana dan mudah ditebak orang. Hindari mengguanakan kata sandi seperti dibawah ini.

Kata sandi terburuk

  • 123456
  • password
  • admin
  • login
  • master
  • katasandi
  • aa123456
  • admin123456
  • adm123456
  • qwerty123
  • abcdef123
  • 17011988 (format tanggal ultah)
  • admin123
  • football

Membuat kata sandi kuat

Cara membuat kata sandi yang kuat menggunakan gabungan kata spesial, huruf besar, huruf kecil dan angka. Anda bisa membentuk suatu nama tetapi dengan rumus gabungan spesial.

Contoh kata sandi kuat dan mudah di ingat: ##88NamaSayaRudi**
Membuat kata sandi kuat
Sangat mudah sekali bukan? Anda tidak perlu membuat terlalu rumit seperti kata alay yang cenderung akan membuat Anda lupa.

Contoh kata sandi kuat tetapi sulit di ingat: [email protected]

Jika Anda ingin membuat kata sandi lebih kuat lagi tetapi masih mudah di ingat, Anda bisa memanfaatkan metode sistem kode prefix dan suffix. Jadi konsepnya Anda menggunakan kata sandi yang lemah tetapi Anda selalu ingat kode prefix yang ditambahkan di depan dan suffix di belakang kata sandi lemah tersebut.

Contoh kata sandi sistem prefix suffix: [email protected]&x[namasayarudi]x&[email protected]

Pada contoh diatas, [email protected]&x[ adalah kode sandi prefix dan ]x&[email protected] adalah kode sandi suffix. Sandi namasayarudi adalah kata sandi yang lemah dan mudah di ingat.

Anda bisa buat variasi lain yang akan memperkuat kata sandi Anda karena Anda bisa membuat kata sandi lemah berbeda-beda di berbagai situs. Karena adanya kode suffix dan prefix maka sangat mudah menciptakan kata sandi terkait layanan yang bervariasi.

Contoh kata sandi layanan gmail Anda: [email protected]&x[layanangmail]x&[email protected]
Contoh kata sandi layanan yahoo Anda: [email protected]&x[layananyahoo]x&[email protected]

Jadi Anda hanya perlu mengingat prefix dan suffix saja kemudian sesuai nama layanan Anda jadikan kata sandi tengah.

Cara Menyimpan Password Gmail yang Aman

Cara terbaik menyimpan password gmail yang aman adalah simpan di tempat yang tidak bisa dijangkau siapapun kecuali Anda. Tempat terbaik adalah memori di otak. Jika anda pelupa, maka bisa juga mencatat di ponsel pintar Anda.

Karena ponsel pintar Anda pastinya membutuhkan verifikasi dari Anda ketika hendak dibuka, maka password Anda akan aman disana. Tetapi apa yang terjadi jika ponsel pintar Anda hilang?

Oleh karena itu, saya rekomendasikan Anda mencatat password Anda pada suatu kertas dan disimpan di dompet Anda. Jika Anda punya laptop maka Anda bisa menyimpan di laptop Anda. Pastikan Anda mengunci laptop Anda agar tidak bisa di bobol orang.

Anda bisa juga menggunakan aplikasi penyimpanan password sehingga Anda hanya perlu menyimpan satu master password saja.

Dari semua metode, saya tetap rekomendasi Anda mencatat di sebuah kertas dan disimpan di tempat yang hanya Anda yang ketahui. Jika Anda mengganti password Anda maka ingatlah untuk mengganti di kertas tersebut.

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah di Gmail

Memperkuat pertahanan akun Anda dari hacker terkadang gampang-gampang susah. Jika Anda sudah buat password gmail yang kuat tetapi masih bisa dijebol orang maka Anda harus aktifkan fitur verifikasi 2 langkah.

Verifikasi 2 langkah adalah pengamanan lanjutan ketika Anda login ke akun gmail Anda. Ketika anda login dengan email dan password Anda, maka Google tidak akan langsung memberikan Anda akses.

Anda harus memverifikasi kepemilikan akun gmail Anda terlebih dahulu melalui salah satu dari lima metode yang tersedia. Metode yang tersedia adalah:

  1. Google Prompt
  2. Authenticator App
  3. Voice or Text message
  4. Backup Phone
  5. Backup Codes
  6. Security Key

Jika Anda tidak bisa melewati verifikasi 2 langkah maka Anda tidak akan bisa mendapatkan akses ke gmail Anda walaupun Anda punya passwordnya.

Cara Mengaktifkan Layanan Verifikasi 2 Langkah Google

1. Pastikan Anda sedang login di gmail Anda. Klik link verifikasi 2 langkah berikut: klik sini

2. Klik GET STARTED

3. Anda akan diminta password Anda, masukkan kembali password Anda.

4. Masukkan nomor Anda yang aktif pada kotak What phone number do you want to use?
What phone number do you want to use

5. Klik NEXT

6. Masukkan kode yang di SMS google pada nomor yang Anda masukkan di langkah 4 tadi. Klik NEXT.
SMS google

7. Klik TURN ON untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah..
Klik TURN ON

8. Berhasil.

Setelah itu akun gmail Anda akan diminta verifikasi lanjutan dari SMS ketika Anda login di browser PC ataupun perangkat lainnya. Anda juga bisa mengubah metode verifikasi 2 langkah tersebut ke metode lain seperti Google Prompt, atau via Authenticator App.

Cara Mengganti Password Gmail dari PC

Cara mengganti password gmail dari PC sangatlah mudah sekali. Anda bisa menggunakan browser kesukaan Anda untuk ganti password. Saya rekomendasikan menggunakan Google Chrome.

1. Silahkan langsung tuju halaman ganti password Gmail dengan klik link berikut: [ Klik sini ] atau copy-paste link berikut ke browser Anda : https://myaccount.google.com/signinoptions/password

2. Anda akan diminta masukkan password Anda, silahkan masukkan. Kemudian klik NEXT.
diminta masukkan password Anda

3. Jika berhasil login maka Anda akan dihadapkan langsung ke halaman ganti password akun Google ( gmail ) Anda.

4. Masukkan password baru yang Anda buat pada kolom New password dan Confirm new password. Klik icon mata untuk melihat apakah password yang Anda masukkan sudah benar dan keduanya sama.
Halaman Ganti Password Google Gmail

5. Setelah Anda merasa sudah benar, maka silahkan klik tombol CHANGE PASSWORD.

6. Selamat! Password Google dan Gmail Anda telah berubah.

Cara Mengganti Password Gmail dari Smartphone

Pada dasarnya menggunakan smartphone / ponsel pintar adalah sama saja langkah ganti password dengan langkah di PC. Berikut adalah langkah dari ponsel pintar, gunakan browser Google Chrome untuk mempermudah proses.


1. Silahkan langsung tuju halaman ganti password Gmail dengan klik link berikut: [ Klik sini ] atau copy-paste link berikut ke browser Anda : https://myaccount.google.com/signinoptions/password

2. Anda akan diminta masukkan password Anda, silahkan masukkan password Anda yang lama.

3. Jika berhasil maka Anda akan dihadapkan langsung ke halaman ganti password akun Google ( Gmail ) Anda.

4. Masukkan password baru yang Anda buat pada kolom New password dan Confirm new password. Klik icon mata untuk melihat apakah password yang Anda masukkan sudah benar dan keduanya sama.

5. Setelah Anda merasa sudah benar, maka silahkan klik tombol CHANGE PASSWORD.

6. Selamat! Password Anda telah berubah.

Video Tutorial Cara Ganti Password Gmail

Panduan Cara Ganti Password Gmail Lengkap dengan Gambar

Mudah sekali bukan untuk ganti password dan metode membuat kata sandi kuat yang saya share di sini. Semoga Panduan Cara Ganti Password Gmail Lengkap dengan Gambar ini bisa bermanfaat untuk Anda yang kebingungan mengganti password / kata sandi gmail Anda.

Pastikan selalu perangkat Anda bersih dari aplikasi yang mencurigakan agar pergantian kata sandi bisa berhasil sempurna.

Updated: Agustus 17, 2017 — 7:51 pm
Terms: ganti password gmail, cara ganti password gmail, apa itu kata sandi dan cara buatnya, gambar paswod, cara ubah pasword gmail, cara merubah pasword email, cara ganti pasword teman di computer, cara ganti paswod gmail, cara ganti password gmail di laptop, cara ganti password gmail aman dari hack

1 Comment

Add a Comment
  1. terima kasih infonya sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy