Peluang Usaha Bisnis Budidaya Ikan Lele dalam Drum Plastik

Budidaya lele menjadi salah satu budidaya yang bisa dilakukan ketika punya lahan yang memadai. Namun perkembangan teknologi terbaru memungkinkan orang untuk melakukan budidaya lele tanpa harus punya lahan yang luas.

Bisnis ternak lele zaman sekarang adalah bisnis ternak lele cepat kembang yang banyak di lirik orang. Komoditas ini sangat populer di Indonesia karena lele gampang di olah.

Banyak warung makanan, yang menyajikan lele goreng sebagai salah satu menu mereka. Di daerah saya kebanyakan warung ayam penyet pasti akan menyediakan juga lele goreng.

Di kota-kota besar, banyak sekali olahan lele yang bisa di nikmati. Salah satu olahan lele yang sangat sedap yaitu lele cabe ijo.

Masakan Lele Cabe Ijo

Lele Cabe Ijo

Lele cabe ijo sumber gambar sukadapur.com

Makanan lele cabe ijo telah lama menjadi santapan nikmat orang-orang kantoran. Menikmati makan siang dengan lele cabe ijo akan menambah tenaga bekerja seharian!

Peluang Usaha Bisnis Budidaya Ikan Lele dalam Drum / Tong

Peluang Usaha Bisnis Budidaya Ikan Lele dalam Drum Plastik
gambar Peluang Usaha Bisnis Budidaya Ikan Lele dalam Drum / Tong oleh http://kolonilele.blogspot.com/

Drum / tong plastik mudah di dapat dari industri sekitar. Drum yang digunakan biasanya adalah drum biru yang biasanya digunakan untuk menyimpan bahan baku. Setelah drum di cuci bersih dan di sesuaikan bentuknya maka bisa digunakan untuk ternak lele.

Baca juga: Cara Biakkan Microworm Tanpa Starter Bermodal Kentang

Biasanya para peternak lele menggunakan drum / tong biru ini untuk pelihara bibit lele saja. Setelah lele agak besar bisa di pindah ke drum lain atau bak lain.

Hal yang perlu diperhatikan ketika berternak lele dengan menggunakan drum / tong plastik ini adalah:

1. Harus selalu menjaga kualitas air. Air yang terlalu kotor bisa menumbuhkan jamur dan akhirnya akan membunuh lele yang Anda ternak.

2. Makanan lele sebaiknya tidak sampai kekurangan karena sifat lele adalah menjadi kanibal ketika kekurangan makanan. Pemberian pelet adalah solusi praktis bagi Anda yang tidak ingin pusing mencari bahan makanan lele.

3. Gunakan drum plastik daripada drum besi karena drum besi bisa membunuh lele karena sisa karat pada tong / bahan kimia.

4. Lapis plastik besar di tong sebelum dimasukkan air serta bolong-bolongkan plastik tersebut sebesar bulatan tutup botol. Hal ini untuk mempermudah panen. Ketika mau panen, Anda cukup menarik plastik pembungkus dari tong saja maka ikan lele akan terangkat semua.

Kelebihan Ternak Lele di Drum / Tong Plastik

Ternak lele di drum / tong plastik punya banyak kelebihan yang pastinya menjadi perhitungan calon peternak sebelum memulai. Berikut areablogger paparkan beberapa kelebihan dari ternak lele di drum / tong daripada di kolam:

1. Hemat Tempat

Salah satu faktor terbesar para peternak lele memilih menggunakan drum sebagai pengganti kolam adalah karena hemat tempat. Ketika tempat menjadi keterbatasan dalam memulai bisnis ini maka menggunakan drum ini dianggap adalah solusi terbaik.

2. Hemat Waktu

Untuk memulai bisnis ini menggunakan tong sangat cepat dan hemat waktu daripada harus menggali kolam. Membelah drum / tong plastik dengan gergaji besi atau alat bakar las adalah solusi tercepat.

3. Mudah Panen

Tidak seperti menggunakan kolam, memanen dari drum plastik lebih mudah. Melapisi drum dengan plastik terlebih dahulu dan tinggal melepas air saja. Setelah air surut maka lele mudah di angkat, cukup mengangkat plastik pelapis saja maka lele semua akan ikut.

Selain kelebihan ternyata ada juga kekurangan dari ternak lele dengan metode ini.

Kekurangan Ternak Lele dengan Menggunakan Drum / Tong

1. Harus Menjaga Kualitas Air

Seringkali bagi para pemula dalam bisnis ternak lele tidak mengetahui harus menjaga kualitas air. Ketika kualitas air menjadi rendah dan tidak baik maka akan menyebabkan kematian pada lele.

2. Rasio Kematian Lele lebih Tinggi

Beberapa peternak lele dengan drum, yang awalnya menggunakan kolam mengatakan lele mudah mati di drum daripada di kolam. Ketika lele berumur 2 bulan keatas maka seringkali didapati ada kematian lele padahal pakan makanan diberikan secara cukup.

Salah satu penyebabnya ternyata adalah sesaknya tempat dan kekurangan oksigen. Maksimal benih yang disarankan dalam satu tong besar drum plastik tidak lebih dari 200 ekor.

Kesimpulan Peluang Usaha Bisnis Budidaya Ikan Lele dalam Drum Plastik

Budidaya ikan lele dalam drum / tong menjadi salah satu peluang usaha yang terbuka lebar bagi siapa saja. Besarnya minat masyarakat mengkonsumsi ikan berkumis ini menjadi peluang bagus dalam meraup rupiah.

Jika Anda hendak memulai usaha ini sangat di rekomendasikan untuk menanyakan langsung kepada peternak lain yang berpengalaman. Selain itu jika Anda tidak punya relasi / kenalan maka membaca di internet adalah solusi praktis. Selamat beternak.

Terms: ternak lele dalam drum plastik, ternak lele dalam drum, ternak lele di drum, cara ternak lele di drum, ternak lele dalam tong plastik, budidaya lele dalam drum, budidaya lele di drum, cara ternak lele dengan drum, analisa budidaya lele dalam drum, ternak lele dengan drum

1 Comment

Add a Comment
  1. sangat bagus artikelnya gan
    padat dan bermanfaat gan
    terima kasih

    Thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy