Startup Online yang Menggiurkan untuk Developer PHP Pemula

Startup Online yang Menggiurkan untuk Developer PHP Pemula – Belajar PHP sepertinya tidak ada habisnya. Saya sendiri sudah lama belajar PHP dan terus belajar sampai sekarang. Sudah lumayan proyek yang bisa saya buat dengan pemahaman PHP yang masih tergolong ‘pemula’. Terkadang sampai saya sendiri bertanya, apalagi yang bisa saya buat jika sudah mahir dalam PHP?

Mengenal API

API (Application Program Interface) adalah kumpulan fungsi dan prosedur yang memungkinkan pihak ketiga untuk membuat aplikasi serupa dari layanan pihak pertama (penyedia API). API sebenarnya sangat penting untuk meningkatkan penggunaan layanan pada situs pihak yang menyediakan. Sebagai contoh, pada API Youtube ini jika digunakan pada situs lain maka video hasil dari API akan muncul video terkait yang jika di klik akan menuju youtube.

Artinya, layanan ini menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, pihak penyedia API juga bisa memberikan batasan kuota penggunaan API dan jika seorang developer yang menggunakan API ternyata situsnya meledak / ramai maka dia pasti akan membeli kuota tambahan.

API pada berbagai situs besar menjadikan para developer bisa menghasilkan pundi uang di internet. Salah satu yang paling banyak digunakan oleh developer PHP di indonesia adalah API dari situs youtube.

Startup Online yang Menggiurkan untuk Developer PHP Pemula

Startup Online yang Menggiurkan untuk Developer PHP Pemula

logo PHP credit https://www.dev-metal.com/php-logo/


Saya sendiri sudah banyak sekali mencoba mencicipi API-API yang di buat oleh berbagai situs dan raksasa internet. Salah satu yang saya pakai adalah API Youtube untuk membantu pencarian video tertentu. Nah, penggunaan API itu sebenarnya bagus sekali ‘kalau’ niatnya adalah bagus.

Bagaimana jika penggunaan API pada sesuatu yang tidak seharusnya?

Banyak saya temui situs yang memanfaatkan API Youtube dan Soundcloud untuk menyesatkan pengunjung. Artinya, mereka membuat situs yang membuat pengunjung berputar-putar di sana untuk mencari konten yang mereka inginkan. Namun karena linknya mengarah ke link halaman tersebut, maka pengunjung akan terjebak.

Hal itu sangatlah tidak baik dan tidak di anjurkan. Oleh karena itu, bagi Anda developer pemula sebaiknya jangan melakukan hal itu.

Saya sendiri punya sangat banyak ide yang ingin saya tuangkan dalam bentuk aplikasi web. Ide-ide muncul terkadang di kala saya sedang membuat sebuah program. Nah, ide muncul kemudian saya simpan dan akan buat pada masa mendatang.

Namun terkadang saya malahan terlalu sibuk untuk bisa membuat ide-ide tersebut menjadi nyata. Berikut adalah ide-ide yang saya dapat dan saya asumsikan bisa menjadi startup online yang menggiurkan. Arti menggiurkan ini adalah bisa membuat banyak orang suka.

1. Buat Situs Terintegrasi Pada Berbagai Layanan Blogging.

Saya telah mencari di situs developer google dan menemui adanya API Blogger yang bisa di gunakan oleh developer. Fungsi yang diberikan lumayan banyak, mulai dari fetch post sampai bisa post ke blog yang di tuju. Semua bisa dilakukan dengan menggunakan API Blogger. Lebih banyak tentang API Blogger bisa di baca di link ini.

Selain blogger, salah satu platform blogging yang sedang naik daun adalah tumblr.com. Seperti yang saya ketahui, tumblr ini adalah platform blogging yang berbasis sosial media. Sehingga membuat blog dan menulis serta berbagi foto dan video serasa di sosial media. Padahal, tumblr itu adalah blog. API tumblr bisa di lihat di link: API Tumblr.

Ada yang kelupaan? Ada! WordPress.com adalah layanan blogging raksasa kedua setelah blogger. Kepopuleran wordpress datang dari interfacenya yang sangat bersih, mudah digunakan dan SEO Friendly. Sudah bukan rahasia bahwa situs-situs wordpress baik yang di host wp.com ataupun self host sangat SEO friendly. Lebih lengkap tentang API WordPress bisa di baca di halaman ini.

Membuat suatu situs yang mengintegrasi semua layanan tersebut pada satu tempat saya rasa sangat bagus. Sebab, seseorang bisa mengelola tiga platform dalam satu situs. Juga adanya kemampuan untuk posting artikel langsung ke tiga platform tersebut. POWERFUL!

Pertanyaannya, apakah developer PHP pemula bisa membuatnya? Saya rasa bisa, sebab penggunaan API berbagai layanan yang saya sebut sudah sangat jelas dokumentasinya pada masing-masing situs.

2. Layanan Penyimpanan Data Backlink SEO

Ini adalah ide yang saya ingin buat karena saya sering sembarang menyimpan backlink ketika saya melakukan optimasi. Alhasil, banyak juga link berkualitas yang akhirnya hilang. Selain itu, saya juga tidak bisa mengukur keberhasilan situs yang di optimasi karena data saya acak-acak.

Menggunakan excel untuk menyimpan data memang bagus. Tetapi untuk membuat kalkulasi saya pikir interface / tampilannya tidak bagus dan tidak elegan. Selain itu keterbatasan fitur membuat pengecekan banyak link menjadi sangat sulit. Saya pikir jika ada layanan untuk kita simpan backlink kemudian terintegrasi dengan layanan pihak ketiga untuk mengecek ‘kekuatan’ backlink tersebut sangatlah bagus.

So, setelah menulis panjang lebar, saya harap artikel Startup Online yang Menggiurkan untuk Developer PHP Pemula ini bisa membantu dalam mendapatkan uang lebih banyak dengan belajar PHP. Kemampuan PHP dalam membangun startup yang sukses tidak lagi bisa di ragukan, sebab facebook telah terbukti sebagai salah satu situs PHP terpopuler saat ini.

Terms: Membuat stary up dengab php, cari uang dengan api youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy