Apakah Rumput Laut Bisa Menyebabkan Kegemukan?

Apakah Rumput Laut Bisa Menyebabkan Kegemukan?
Apakah Rumput Laut Bisa Menyebabkan Kegemukan? Rumput laut adalah salah satu bahan pangan yang sangat banyak fungsinya. Kandungan gizi yang tinggi, membuat ganggang laut ini bernilai tinggi. Olahan yang paling sering untuk rumput laut adalah agar-agar dan snack. Mengandung banyak gizi, membuat orang bertanya-tanya konsumsi rumput laut bisakah bikin gemuk?

Apa Itu Rumput Laut?

Rumput laut adalah tumbuhan alga dalam keluarga ganggang multiseluler. Tumbuhan ini biasanya hidup di dasar laut yang tembus matahari. Tumbuhan ini tidak ada akar dan daun, hanya berbentuk batang. Tergantung jenisnya, rumput laut ini punya berbagai bentuk.

Tumbuhan ini juga memiliki klorofil yang membuatnya berwarna hijau. Namun ada jenis yang tidak berwarna hijau seperti ganggang merah ( rodophycecae ) yang berwarna merah.

[artikel number=”1″ tag=”susu-beruang”]

Bahan pangan yang sering kita jumpai menggunakan bahan dasar rumput laut adalah agar-agar dan makanan ringan olahan rumput laut. Rumput laut sangat populer di Jepang dan korea, dan menjadi salah satu bahan pembuatan Sushi, Gimbap, dsb.

Jenis-jenis Rumput Laut

Jenis-jenis Rumput Laut
Ada banyak sekali jenis rumput laut di dunia ini. Namun tidak semuanya bisa dikonsumsi / diolah manusia. Berikut adalah 10 jenis rumput laut yang bisa dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan.

1. Gelidium sp.

Gelidium sp. adalah jenis rumput laut yang tergolong ganggang merah, biasanya pemanfaatan sebagai bahan baku agar-agar.

2. Gracilaria verrucosa

Sama seperti Gelidium sp., Gracilaria verrucosa digunakan untuk bahan baku agar-agar.

3. Eucheuma spinosum

Termasuk ke dalam ganggang merah, biasanya di ambil ekstrak karagenan-nya untuk diolah lebih lanjut.

4. Eucheuma cottonii

Jenis dan pemanfaatan sama dengan Eucheuma spinosum.

5. Acanthophora spicifera

Merupakan jenis ganggang merah yang sering digunakan untuk dijadikan makanan ringan kemasan dan makanan olahan lainnya.

6. Chondrococcus hornemannii

Jenis ganggang merah yang pemanfaatan untuk kosmetik, yaitu kandungan asparagin dan karagenan.

7. Hypnea sp.

Satu lagi jenis ganggang merah yang dibudidaya untuk bahan baku snack dan makanan olahan industri lainnya.

8. Ulva lactuca

Ulva lactuca adalah ganggang hijau yang berbentuk selada dan sering di sebut selada laut. Tumbuhan ini seringkali dijadikan olahan snack dan makanan olahan lainnya karena kaya akan serat.

9. Sargassum sp.

Salah satu jenis ganggang coklat yang sangat banyak pemanfaatannya, seperti makanan olahan, campuran pada minuman, campuran pada permen, dsb.

10. Turbinaria sp.

Turbinaria sp. termasuk rumput laut dalam golongan ganggang coklat. Jenis rumput laut ini sering dimanfaatkan untuk bahan pembuatan es krim.

Apakah Rumput Laut Bikin Gemuk?

Kandungan rumput laut sangat tinggi akan serat, sehingga sangat cocok diberikan kepada orang yang menjalani diet. Rumput laut juga sering disebut sebagai superfood yang mengandung banyak gizi.
Apakah Rumput Laut Bikin Gemuk?
Selain serat, rumput laut juga mengandung berbagai vitamin yang sangat bagus untuk tubuh. Hebatnya dari rumpput laut adalah kandungan mineralnya juga lumayan banyak sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi setiap hari.

Apakah Rumput Laut Bisa Menyebabkan Kegemukan?

Tidak! Sering mengkonsumsi rumput laut tidak akan bisa membuat Anda gemuk. Karena kandungan serat yang tinggi maka rumput laut akan membuat pencernaan lancar dan bebas lemak.

Selain itu, rumput laut juga akan mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini akan membantu Anda agar terhindar dari penyakit mematikan yang disebabkan oleh kolesterol.

So, sekarang Anda sudah tau kan manfaat rumput laut tidak bisa bikin gemuk.

Cara konsumsi rumput laut yang areablogger rekomendasikan adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk agar-agar. Sebaiknya hindari konsumsi makanan ringan dari rumput laut berlebih, karena kandungan bumbunya tidak baik untuk kesehatan.

Harga Pasaran Rumput Laut

Harga pasaran rumput laut kering mentah ( draw dried seaweed ), sekitar Rp 15.000/kg. Jika bisa diolah jadi karaginan, harganya bisa jadi Rp 80.000/kg.

Tingginya harga karaginan membuat banyak industri yang mengolah rumput laut menjadi karaginan. Fungsi karaginan sangat banyak sekali, diantaranya sebagai bahan kosmetik, bahan olahan industri makanan, dsb.

Demikianlah artikel singkat tentang Manfaat Rumput Laut Bisakah Bikin Gemuk?. Manfaat rumput laut yang paling utama adalah untuk melancarkan pencernaan, dengan lancarnya pencernaan maka berat badan tubuh akan ideal. Hal itulah yang membuat rumput laut tidak akan menyebabkan kegemukan.

Terms: apakah makan rumput laut bisa bikin gendut, apakah nori bisa gendut, cara konsumsi rumput laut, efek makan rumput laut, jus rumput laut bisa gemukin, Rumput laut bikin gemuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy