Cara Memulai Usaha Warnet dengan Modal Terbatas

Cara Memulai Usaha Warnet dengan Modal Terbatas
Cara Memulai Usaha Warnet dengan Modal Terbatas – Bisnis warnet masih memiliki pangsa pasar yang luas. Kebutuhan masyarakat akan konten online dan game online harus dimanfaatkan dnegan baik. Membangun usaha warnet adalah salah satu cara meraup untung dari kebutuhan orang akan konten online.

Bisnis warnet telah sering dikaitkan dengan bisnis modal besar. Banyak orang yang tidak jadi memulai bisnis ini karena berpikir harus menggelontorkan dana yang besar. Tentu tidak mudah mencari modal yang besar.

Tetapi bisnis warnet cerdas tidak membutuhkan begitu banyak modal. Anda bisa mendapatkan komputer dengan harga yang murah. Memanfaatkan hal itu, Anda bisa memulai bisnis warnet.

Cara Memulai Usaha Warnet dengan Modal Terbatas

Cara Memulai Usaha Warnet dengan Modal Terbatas – Bisnis warnet sangat erat kaitannya dengan pelayanan. Semakin baik pelayanan Anda maka semakin banyak orang yang mau bermain di warnet Anda.

Faktor lain yang sangat penting adalah faktor kecepatan internet Anda. Semakin cepat koneksi internet di warnet Anda maka semakin ramai pula. Selain itu, Anda juga harus selalu cepat melakukan patch games setiap kali ada update dari pusat game.

Cara Mendapatkan Komputer dengan Harga Murah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk berburu komputer murah adalah Anda harus mencari warnet yang hendak tutup. Jika Anda mencari melalui situs online,contohnya OLX.co.id maka pencarian akan sangat mudah dan cepat.

Berikut adalah contoh pencarian komputer bekas warnet yang murah.
Pencarian Komputer Murah di OLX

Setelah memasukkan kata kunci, klik tombol pencarian.

Cara Mendapatkan Komputer dengan Harga Murah

Terlihat ada orang yang menjual harga komputer bekas dengan harga Rp 1.2 juta saja. Perlu diperhatikan adalah Anda harus pastikan dapat apa saja dengan harga Rp 1.2 juta tersebut. Kemudian perhatikan juga speksifikasi komputer yang ditawarkan.

Jika Anda tidak menemukan komputer bekas warnet dari OLX, maka Anda bisa mencari di warnet-warnet terdekat. Tanyakan apakah mereka mau menjual komputer, terutama untuk warnet yang sepi. Karena kemungkinan besar warnet yang sepi akan tutup suatu saat.

Menyewa Lokasi untuk Usaha Warnet

Lokasi yang tepat untuk bangun usaha warnet adalah berada di sekitar sekolahan. Namun jangan terlalu dekat dengan sekolah karena kemungkinan besar siswa bolos dan datang ke warnet.

Jika Anda menemukan anak sekolah yang bolos maka sebaiknya jangan persilahkan main sampai dia melepas seragam sekolah. Saya telah melihat sebagian besar warnet menerapkan peraturan ini agar terhindar dari protes pihak sekolah.

Analisa Modal Usaha Bisnis Warnet Kecil

Jika Anda mendapatkan komputer murah maka Anda akan sangat menghemat modal untuk buka usaha ini. Harga rata-rata komputer baru rakitan lengkap dengan monitor dan mouse adalah sekitar Rp 6 ~ 7 juta, sangat beda jauh dengan komputer bekas.
Analisa Modal Usaha Bisnis Warnet Kecil
Komputer bekas sebaiknya adalah komputer rakitan. Dengan demikian apabila rusak sebagian komponen maka Anda cukup mengganti komponen yang rusak tersebut. Beda sekali apabila membeli komputer yang all-in. Ketika rusak biasanya harus ganti keseluruhan komputer.

Modal Properti

  • 10 unit PC Komputer bekas @ Rp 2.000.000 = Rp 20.000.000
  • 10 unit Kursi dan Meja @ Rp 500.000 = Rp 5.000.000
  • 1 unit Meja dan Kursi operator @ Rp 500.000 = Rp 500.000
  • 1 unit Printer @ Rp 1.000.000 = Rp 1.000.000
  • 1 unit Switch 16 Port @ Rp 1.000.000 = Rp 1.000.000

Total Modal Properti Rp 27.500.000

Modal Lainnya

  • Sewa Lokasi / Tahun = Rp 3.500.000
  • Biaya Pemasangan Komputer dan Install = Rp 2.000.000

Total Modal Lainnya Rp 5.500.000

Total keseluruhan Modal Awal Rp 33.000.000

Biaya Operasional Bulanan

  • Biaya Internet = Rp 1.000.000
  • Gaji Karyawan = Rp 1.500.000
  • Biaya Listrik = Rp 2.000.000

Total Biaya Operasional Rp 4.500.000

Laba Bersih

Jika Anda mematok harga Rp 3.500 / jam, dan setiap komputer disewa selama 10 jam, maka dari satu komputer Anda bisa mendapatkan uang senilai Rp 35.000. Karena Anda punya 10 komputer maka sehari Anda bisa mendapatkan uang senilai Rp 350.000

Laba Kotor perbulan yaitu Rp 350.000 x 30 = Rp 10.500.000

Laba Bersih yaitu Rp 10.500.000 – Rp 4.500.000 = Rp 6.000.000.

Laba bersih terlihat sedikit bukan? Jangan salah! Anda hanya membeli 10 komputer saja, bayangkan jika komputer di warnet Anda ada 100 unit, maka pendapatan perbulan mencapai Rp 60 juta !

Mencari Teknisi Komputer yang Handal

Anda harus memperhitungkan hal ini. Jika Anda punya teknisi yang tidak handal maka warnet Anda akan sulit berjalan lancar.

Sebaiknya mencari seorang teknisi yang handal dan baik serta bisa dipanggil kapanpun. Lakukan kontrak kerja yang saling menguntungkan sehingga jika warnet Anda mendapatkan masalah teknis bisa segera diperbaiki.

Cara Promosi Warnet yang Berhasil

Promosi warnet yang berhasil adalah dengan membuat paket internet untuk pelanggan Anda. Biasanya paket internet murah yang ditawarkan adalah apabila main 4 jam maka akan mendapat diskon harga.

Jika Anda mematok harga Rp 3.500 / jam maka Anda bisa mematok harga Rp 10.000 / 4 jam. Tentunya hal ini akan membuat pelanggan Anda lebih cenderung mengambil paket karena ada perbedaan harga cukup besar.

Perlu Anda ingat bahwa pemain warnet sebagian besar adalah anak-anak sampai remaja. Jarang sekali orang dewasa main di warnet terkecuali warnet remang-remang.
Cara Promosi Warnet yang Berhasil
Selain promosi paket, Anda juga bisa mempromosikan turnamen game online. Setiap pelanggan Anda bisa mendaftar menjadi peserta turnamen game online dan apabila menang akan mendapat hadiah yang besar.

Dengan melakukan hal ini maka akan banyak gamer yang berdatangan dan main di warnet Anda. Cara ini adalah cara promosi branding yang cukup efektif.

Tips Sukses Berbisnis Warnet

Berbisnis warnet tidaklah terlalu sulit. Bisnis ini walaupun awalnya modal cukup besar namun tidak akan ada ruginya. Jika Anda merasa bisnis ini tidak lagi bisa jalan, maka Anda bisa jual komputer warnet Anda dengan harga yang murah.

Perhatikan hal penting terkait biaya operasional. Anda harus pandai menekan biaya operasional agar bisnis warnet Anda tidak tutup. Cara terbaik adalah tidak menyewa lokasi usaha yang mahal, tetapi warnet tetap mudah di jangkau.

Jika Anda punya tanah sendiri maka bangunlah menjadi warnet agar Anda tidak perlu membayar uang sewa lokasi lagi. Selain itu, Anda juga bisa menjual voucher game online, pulsa, peralatan gaming, perlaatan komputer, minuman, makanan ringan.

Dengan menambahkan layanan tambahan tersebut maka pendapatan Anda akan naik dengan cepat. Usahakan yang pertama kali dilakukan adalah menjaga kenyamanan pelanggan.

Setiap pelanggan Anda, tidak peduli itu anak kecil atau orang dewasa harus dilayani dengan baik. Jika Anda suka main games online multiplayer, maka Anda bisa mempromosikan warnet Anda untuk mereka.

Demikian artikel Cara Memulai Usaha Warnet dengan Modal Terbatas yang saya harapkan bisa membantu Anda untuk memulai bisnis warnet. Artikel ini ditulis berdasarkan riset salah satu warnet yang ada di kota tempat tinggal saya. Kemungkinan analisa perhitungan harga yang ada di artikel ini berbeda dengan di tempat Anda.

Cara Memulai Usaha Warnet dengan Modal Terbatas

Terms: memulai usaha warnet, Usaha warnet 2017 modal kecil, modal usaha warnet, modal usaha buka warnet, luas tanah untuk membuat warnet untuk 6 pc, cara mengatasi kekurangan modal ketika kita akan membuka usaha warnet, cara memulai usaha warn, cara buka usaha warnet, buka usaha warnet, beta modal buka warnet

Dapatkan update artikel berkualitas langsung di Inbox Anda.

Rileks. Email Anda 100% Aman bersama Kami.
Author

Admin

Penggemar berat kopi yang sedang berada pada tahap belajar membuat dan menyajikan konten bermutu tinggi. Sedang berada di negeri antah-berantah dan menunggu waktu pulang ke tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2017 © Areablogger.com - All Rights Reserved.