Bagaimana Cara Mengatasi Printer yang Tidak Keluar Warna

Bagaimana Cara Mengatasi Printer yang Tidak Keluar Warna – Perlu diingat bahwa untuk printer terkadang memang tidak bisa keluar warna dengan sempurna. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi printer ketika tidak ada warna yang keluar. Sebenarnya kebanyakan masalah printer tidak bisa keluar warna adalah karena tinta pada lubang di head printer mengalami penyumbatan oleh tinta yang sudah kering.

Tinta printer yang murah seringkali lebih parah menyebabkan penyumbatan di kepala printer. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk hanya menggunakan tinta printer yang bagus / sesuai dengan pabrikan printernya agar awet. Sudah banyak kejadian ketika printer menggunakan tinta murah akan mengalami penyumbatan dan berbagai masalah lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Printer yang Tidak Keluar Warna

Printer. Gambar oleh: seputarprinter.com

Saya sendiri dulu pernah bekerja di sebuah perusahaan air minum dan karena saya merupakan IT di sana, seringsekali saya temui bahwa printer-printernya rata-rata rusak karena tintanya tidak original. Karena yang membeli barang keperluan kantor tidak memperdulikan hal ini, makanya banyak juga printer yang rusak. Solusi yang paling sering adalah melepas catridge / kepala printer kemudian di rendam di air hangat.

Penyebab Tinta Tidak Keluar dari Printer

Penyebab utama yang paling sering adalah karena tinta mengalami pengeringan. Selain itu, juga ada berbagai penyebab tinta tidak mau keluar diantaranya karena kerusakan pada selang tinta dan adanya gelembung pada selang tinta. Gelembung tinta ini menyebabkan aliran tinta tidak lancar, seperti orang terkena stroke, maka tinta tidak akan keluar dengan lancar.

Sangat penting sekali untuk terus melakukan perawatan terhadap printer terutama pada bagian head printer / catridge. Perawatan yang paling baik adalah melakukan pengisian tinta secara rutin, melakukan nozzle check berkala, dan melakukan print tes warna setidaknya seminggu sekali.

Berikut adalah contoh gambar untuk di print sebagai tes warna pada printer ( untuk mengecek apakah tinta lancar atau tidak) :

Color table

Table Warna

Bagaimana Cara Mengatasi Printer yang Tidak Keluar Warna

Perlu di ingat, cara mengatasi printer yang tidak keluar warna tidak selalu berhasil di printer yang Anda gunakan. Karena banyaknya printer yang beredar di pasaran dan punya penanganan yang berbeda-beda maka saya hanya akan bahas cara mengatasi printer yang tidak keluar warna sesuai pengalaman saya.

1. Pembersihan dengan Aplikasi Printer

Pada setiap printer telah tersedia aplikasi untuk melakukan pembersihan pada head printer. Sebagai contoh, EPSON menyediakan aplikasi untuk nozzle check. Fungsi ini untuk melakukan pembersihan ketika printe tidak mengeluarkan warna tertentu.

Sebelum bisa membersihkan kepala / head dari printer, biasanya fitur nozzle check ini meminta Anda melakukan print untuk cek warna terlebih dahulu. Anda silahkan print dan lihat apakah ada warna yang terputus pada warna yang sudah di tentukan.

Jika ternyata warna tidak keluar sempurna, maka Anda bisa melakukan Clean.

Berdasar pengalaman saya, sebaiknya melakukan clean sebanyak minimal 3x sebelum mencoba print lagi untuk mengecek apakah tinta sudah keluar sempurna atau belum.

Apabila masih tidak sempurna, maka Anda bisa melakukan Deep Cleaning. Setelah 3x deep cleaning tetap tidak bisa sempurna warna yang keluar (masih ada warna yang tidak keluar) maka sebaiknya gunakan cara kedua dibawah ini.

2.Menggunakan Air Panas

Buka kepala / catridge printer Anda. Rendam sebagian (1/5) head / catridget tersebut pada air panas (jangan terlalu panas) selama 10 menit. Setelah itu lap hingga bersih dengan tisu dan Anda bisa pasang kembali di printer Anda dan mencobanya.

Jika percobaan ini membuat printer Anda bisa print warna dengan sempurna berarti selamat! Anda telah berhasil. Tetapi jika masih macet, berarti Anda harus mengganti head / catridge dari printer tersebut.

Updated: Agustus 17, 2017 — 6:10 pm
Terms: cara mengatasi warna tinta printer tidak sempurna, cara jalankan tinta warna biru, gambar nobita yang tadak ada warna, cara atasi warna printer epson l3110, Cara memperbaiki tinta print warna yang tidak bisa keluar, nu vot, cara memperbaiki printer epson l3110 tinta warna tidak berfungsi, tinta warna tidak keluar canon mp237, cara memperbaiki catridge warna tidak keluar tinta, printer canon warna tidak keluar

12 Comments

Add a Comment
  1. Terima kasih mas akan saya coba

  2. Printer saya merek canon ip2770. Kalo saya print tugas tinta warnanya gak kluar. Tpi kalau saya buka cartridgenya trus lap di tisyu, warnanya lancar dan bagus. Kira kira masalahnya dimana yah?

    Sepertinya masalahnya pada aliran listrik daleman catridge yang tidak sempurna. Sudah pernah coba ganti catridge?

  3. terima kasih tips2 nya

    Sama-sama gan.

  4. catrick saya masih baru tapi tinta warna gak keluar, yg keluar cuma warna merah aja,, selepas direndam dgn air hangat tetap gx mau

    Periksa selang-selang yang menghubungkan tinta dengan catridge. Kalau ada sumbatan udara, maka sebaiknya lakukan cleaning beberapa kali dulu sampai tidak ada nampak udara di selangnya. Tapi kalau masih tetap gak bisa, maka cabut selang dari catridge, gunakan jarum suntik untuk menyedot tinta dan gelembung udara di selang sampai tidak ada lagi gelembung / sumbatan udara. Barulah di sambung kembali ke catridge.

  5. Maksih banyak banget😊
    Padalah tadi udah mau nagis karna tintanya gak keluar pokonya maksih banyak

  6. Makasih atas tips nya 🙂

  7. Printer saya merek canon ip2770. Kalo saya print tugas tinta warnanya gak kluar. Tpi kalau saya buka cartridgenya trus lap di tisyu, warnanya lancar dan bagus. Kira kira masalahnya dimana yah

    kasus saya sama

    Sepertinya masalahnya pada aliran listrik daleman catridge yang tidak sempurna. Sudah pernah coba ganti catridge?

    jika masalahnya pada aliran listrik, harus diservis kah atau hisa ditangani sendiri, klo bisa harus penanganan seperti apa ? terimakasih

    Kalau masalah pada listrik sebaiknya gunakan UPS ataupun stabilizer, agar kelistrikan aman. Btw, printernya sering di pake buat print ga? Kalau tidak sering di pakai, sebaiknya usahakan setiap hari ada print 2 lembar “rgb printer test page” (cari di google images gambarnya) untuk menjaga agar tinta printer di catridge tidak mengendap / membeku.

  8. Tinta printer kuning bergaris hitam itu knapa ya??

    Minta ganti

  9. Min sy punya print merk Epson L1110 sy print tugas kok yg kluar hanya kertas putih,tintanya nggak mau kluar padahal kmrin sy pkai baik2 sj.tintanya jg msih banyak
    Minta sarannya dong min🙏

    Coba di lepas catridgenya trus di rendam dengan air panas (bagian bawah catridge saja ya. agar tintanya tidak keras. saran saya, setiap hari minimal ada print 1 kertas dengan gambar “printer color tester”, cek google ya.

  10. Printer sy canon 2770
    Tinta merah sering ada udara kenapa ya??
    Tdk di pakai 10 mnt az…sdh ada udara
    Selang tinta yg lainnya tidak

    Sedot habis dulu udaranya sampe tidak ada udara lagi. atau coba ganti catridge.

  11. Printer saya ip2770,
    Pada catridge color Tinta kuning dan merahnya tidak keluar, saya coba cleaning, deep cleaning, masih belum keluar, setelah saya rendam pakai air panas
    Dan saya pasang ulang catridge nya ada tulisan the following ink catridge cannot be recognized padahl sudah saya coba lepas catridgenya dan pasang ulang tapi masih begitu,
    Ini solusinya apa yah ?

    Rendam air panasnya di bagian bawah saja atau keseluruhan catridge? coba di bershikan dulu bagian tembaga catridgenya, sepertinya basah sehingga tidak dikenali oleh printer.

  12. Min saya printer merekny canon mp258 file yang say print itu warnanya kuning, saat diprint warnanya malah pink/merah, terus saya cek warna pada pengaturan tinta saat pengecekan warna kuning bisa keluar, tolong min bagaimana cara mengatasiny?

    Coba deep cleaning dl,, itu ada kebocoran pada warna merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy