Cara Perawatan Tanaman Lada yang Efektif Hasilkan Buah Lebat

Cara Perawatan Tanaman Lada yang Efektif Hasilkan Buah Lebat. Tanaman lada yang mendapat perawatan yang baik dan benar akan menghasilkan buah yang lebih lebat.

Tujuan perawatan tanam lada adalah untuk mendapatkan buah yang lebih banyak ( dan uang). Agar bisa untung banyak, mempelajari cara menanam lada yang tepat adalah hal yang harus Anda lakukan.

Cara Perawatan Tanaman Lada yang Efektif Hasilkan Buah Lebat

Cara Perawatan Tanaman Lada yang Efektif Hasilkan Buah Lebat
Kali ini saya akan share bagaimana cara perawatan tanaman lada yang efektif hasilkan buah lebat dan banyak. Simak baik-baik ya..

Anda Akan Mempelajari

  • Perawatan Tanaman Lada
  • Pemupukan Tanaman Lada
  • Pengolahan Hasil Tanaman Lada

Perawatan Tanaman Lada

Hal yang paling penting dalam perawatan tanaman lada adalah Anda harus menjaga agar kondisi sekitar tanaman tetap bersih. Membersihkan kebun lada Anda dari berbagai hama juga sangatlah penting.

Anda juga harus melakukan pemangkasan, baik pangkas berat maupun pangkas ringan. Pemangkasan akan membuat tanaman lada Anda terfokuskan pertumbuhannya sehingga berbuah lebih lebat.

Ikatlah cabang yang jalar ke atas, buanglah tangkai pada pangkal pohon yang menyentuh tanah. Tangkai pohon yang menyentuh tanah berpotensi mendatangkan hama dari tanah yang bisa sebabkan busuk pangkal batang.

Pemangkasan pada sulur gantung dan sulur cacing akan mengurangi persaingan hara pada tanaman lada.

Pemupukan Tanaman Lada

Pemupukan tanaman lada tidak bisa sembarangan. Anda sebaiknya menyiapkan pupuk yang hendak diberikan.

Pupuk organik adalah jenis pupuk yang paling pas untuk tanaman lada. Menggunakan pupuk organik akan membuat tanaman lada bertahan hidup lebih lama serta tahan penyakit dan berbuah lebat.

Pemupukan Tahunan Tanaman Muda

Umur 8 ~ 12 Bulan

  • Pupuk Urea 50gram / tanaman
  • Pupuk TSP 25gram / tanaman
  • Pupuk KCL 20gram / tanaman

Umur 1 ~ 2 Tahun

  • Pupuk Urea 100gram / tanaman
  • Pupuk TSP 50gram / tanaman
  • Pupuk KCL 40gram / tanaman

Umur 2 ~ 3 Tahun

  • Pupuk Urea 200gram / tanaman
  • Pupuk TSP 100gram / tanaman
  • Pupuk KCL 80gram / tanaman

Pemupukan dilakukan setiap awal musim hujan dan akhir musim hujan. Artinya, dari dosis tahunan pupuknya dibagi 2.

Untuk menambah pupuk pada tanah tanaman lada, maka Anda harus membuat lubang terlebih dahulu. Setelah itu, isi lubang dengan campuran pupuk dan tutup kembali.

Pengolahan Hasil Tanaman Lada

Pengolahan Hasil Tanaman Lada
Dari 1 buah lada bisa dihasilkan 2 variasi yang berbeda. Buah lada yang muda akan menjadi lada hitam sedangkan buah lada yang tua akan menjadi lada putih.

Proses dalam mengubah lada muda hijau menjadi lada hitam membutuhkan proses pencucian, perebusan dan sebuah proses bernama browning. Setelah proses browning, maka lada akan dijemur lagi sehingga kering dan keriput berwarna hitam. Lada jenis ini disebut lada hitam.

Untuk membuat lada putih maka lada yang sudah tua direndam sampai daging buahnya lunak dan bisa dikelupas. Setelah itu, biasanya lada akan di kelupas baik dengan mesin maupun manual dengan kaki.

Setelah biji terkelupas dari buahnya, maka akan didapatkan biji lada putih bersih. Lada ini yang setelah kering, akan disebut dengan merica dan jika ditumbuk halus akan menjadi bubuk merica.

Terms: cara membuat tanaman lada berbuah lebat, cara merawat tanaman lada, tanaman lada, cara merawat lada, cara merawat lada dengan baik, perawatan tanaman lada, Cara perawatan lada, perawatan lada, perawatan merica, cara merawat sahang

1 Comment

Add a Comment
  1. Izin share

    Sip..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy