Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif

Daun ketapang adalah salah satu jenis daun yang sangat berguna untuk penyembuhan ikan cupang. Mengerti cara mengolah daun ketapang akan sangat membantu dalam penyembuhan serta memperkuat ikan cupang Anda. Inilah tujuan artikel Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif ini.

Penggunaan daun ketapang yang salah malahan bisa meracuni ikan cupang Anda. Oleh karena itu, Anda akan mempelajari cara meracik daun ketapang yang baik dan benar.

Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif

Anda Akan Mempelajari:

  • Mengenal Pohon Ketapang
  • Manfaat Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang
  • Cara Mengolah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Mengenal Pohon Ketapang

Ketapang adalah nama sejenis pohon di tepi jalan yang rindang dengan tinggi 3 meter sampai 30 meter. Nama ilmiah pohon ini yaitu Terminalia catappa.

Kayu dari pohon ketapang sering digunakan untuk penutup lantai sampai pembuatan perahu dan rumah. Sedangkan biji ketapang bisa dimakan dan digunakan sebagai pengganti almond.

Pohon ketapang / katapang mudah ditemukan di taman dan pantai. Banyak tempat wisata pantai yang menanam pohon ketapang sebagai tempat berteduh bagi pengunjungnya.

Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif

Cara Mengolah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang tidaklah sulit. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh meletakkan daun langsung ke wadah soliter ikan Anda.

Berikut adalah tata cara mengolah daun ketapang untuk ikan cupang.

1. Ambil 5 – 10 lembar daun ketapang yang gugur dan berwarna kecoklatan. Bersihkan dari kotoran yang menempel pada daun.

2. Kemudian rendam pada air garam selama 10 menit – 20 menit.

3. Daun kemudian di ikat dengan karet dan diletakkan pada ember, kemudian basahkan kain bekas, peras dan tutup ember tersebut agar ember menjadi lembab. Biarkan daun tersebut pada ember selama 1 hari ( 24jam).

4. Setelah 24jam, keluarkan daun dan bilas lagi dengan air bersih.

5. Kemudian daun-daun di jejerkan untuk di keringkan dengan cara di jemur. Penjemuran bisa dilakukan 1 – 2 hari untuk memastikan daun benar-benar kering.
Perendaman Daun Ketapang
6. Setelah daun kering, masukkan beberapa helai daun pada satu ember besar yang diisi air 5 – 6 liter air. Biarkan 1 – 2 hari sampai air menjadi menguning tanda zat tannin daun ketapang telah keluar.

Perawatan Biasa

Untuk perawatan biasa, Anda bisa melakukan langkah berikut ini:

1. Keluarkan ikan dari wadah soliter dan masukkan pada wadah lain.

2. Masukkan air endapan dan air daun ketapang dengan perbandingan 1 : 3 pada wadah soliter.

Contoh: jika wadah soliter air muat 600 ml air, maka Anda masukkan 150 ml air daun ketapang dan 450 ml air biasa / air endapan.

3. Masukkan kembali ikan pada wadah soliter ini.

Penyembuhan Ikan Cupang

Jika ikan cupang sakit ( infeksi jamur, dsb ) atau terluka setelah laga, maka Anda bisa meningkatkan persentase perbandingan menjadi 1 : 2.

Contoh: Jika wadah soliter ikan cupang Anda muat 600 ml, maka Anda akan menambahkan 200ml air daun ketapang dan 400 ml air biasa.

Manfaat Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang

Sudah sejak lama daun ketapang digunakan sebagai salah satu bahan untuk meningkatkan mutu ikan cupang. Manfaat utamanya bagi ikan cupang adalah sebagai penyembuh yang efektif.

Alih-alih menggunakan bahan kimia, Anda sebaiknya menggunakan daun ketapang yang diolah untuk menyembuhkan ikan cupang yang terluka.

Berbagai manfaat daun ketapang untuk ikan cupang diantaranya:
manfaat daun ketapang

1. Menurunkan pH Air

Menurunkan pH Air: Bagi ikan cupang, pH air yang sesuai untuk hidup dengan baik berkisar 6,2 ~ 7. Dengan penambahan air olahan daun ketapang maka pH air tinggi bisa menjadi stabil.

2. Membantu Membasmi Jamur

Membantu Membasmi Jamur: Jika ikan cupang Anda terinfeksi jamur maka menambahkan air olahan daun ketapang akan membuatnya cepat sembuh.

3. Mengobati Luka Setelah Perkelahian / Pemijahan

Mengobati Luka Setelah Perkelahian / Pemijahan: Perkelahian antar ikan cupang jantan, akan menyisakan luka dari yang biasa sampai sangat serius. Sedangkan pada pemijahan, ikan cupang betina akan luka-luka ketika dihajar ikan cupang jantan.

Luka pada ikan cupang bisa disembuhkan dengan cepat dengan menambahkan air olahan daun ketapang. Cara ini telah lama terbukti berkhasiat di kalangan pecinta ikan cupang.

4. Menyerap Racun pada Air

Menyerap Racun pada Air: Terkadang ikan cupang yang terlihat sehat-sehat saja bisa mati mendadak. Hal ini seringkali terjadi karena penggunaan air yang tidak sehat pada wadah soliter ikan.

Pendeteksian air beracun yang mengandung logam berat tidaklah mudah. Anda harus memiliki peralatan pendeteksi air.

Penggunaan air daun ketapang yang dicampurkan pada air hidup ikan cupang akan membuat kadar racun menurun. Tannin berfungsi menyerap kandungan logam berat dan zat beracun lainnya pada air.

5. Mengurangi Stress Pada Ikan dan Membuat Sisik Ikan Semakin Bersinar

Mengurangi Stress Pada Ikan dan Membuat Sisik Ikan Semakin Bersinar:
Tannin pada daun ketapang bisa mengurangi stress pada ikan. Penggunaan tannin pada ikan cupang akan membuat sisiknya menjadi lebih bersinar.

Selain itu, banyak yang mengatakan ikan laga cupangnya menjadi lebih kekar dan kuat karena penggunaan daun ketapang.

Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan daun ketapang untuk ikan cupang. Tapi manfaat utamanya yaitu penyembuhan, perawatan, serta dukungan untuk memperkuat ikan cupang.

Terms: daun ketapang, cara mengolah daun ketapang, cara mengolah daun ketapang untuk ikan cupang, cara membuat ramuan daun ketapang, Daun ketapang untuk ikan cupang, daun ketapang untuk cupang, manfaat daun ketapang untuk ikan cupang, daun ketapang untuk ikan, cara menggunakan daun ketapang, Daun keta

1 Comment

Add a Comment
  1. Makasih infonya

    Sama-sama gan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy