Peluang Bisnis Dropship Online : Bisnis Tanpa Modal

Peluang Bisnis Dropship Online : Bisnis Tanpa Modal
Bisnis dropship online telah menjadi salah satu jenis bisnis tanpa modal yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang ikutan berbisnis dropship karena kemudahan memulainya dan tidak membutuhkan modal. Dalam bisnis dropship, si pebisnis tidak membutuhkan uang untuk menjual barang karena barang di sediakan oleh supplier. Mari kita pelajari bagaimana memulai Peluang Bisnis Dropship Online : Bisnis Tanpa Modal!

Skema dan Cara Kerja Bisnis Dropship Online

Bisnis dropship online cara kerjanya sangat mudah. Dropshipper ( orang yang melakukan dropship ), mempromosikan barang dari supplier yang dipilihnya. Ketika seseorang memesan dari dropshipper tersebut, maka pesanan tersebut di teruskan oleh dropshipper ke supplier. Supplier mengirim barang kepada orang yang memesan tadi, dropshipper yang mengkonfirmasi kepada pemesannya.

[artikel number=”3″ tag=”bisnis-online”]

Singkat cerita, dropshipper itu hampir sama dengan distributor, hanya saja, dropshipper tidak menangani barang yang mau dijual. Dropshipper hanya sekedar mempromosikan saja.

Agar tidak bingung, mari lihat skema berikut:
Skema dan Cara Kerja Bisnis Dropship Online
babangflash.com

Kelebihan Dropship di Banding Jenis Bisnis Lainnya

Bisnis dropship punya berbagai kelebihan yang di tawarkan kepada pelakunya sehingga bisnis ini tumbuh subur dan berkembang pesat.

Bagi anak muda, bisa menghasilkan uang secara online melalui bisnis dropship tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Telah banyak cerita anak muda yang berhasil membiayai kuliahnya dengan berbisnis dropship.

Berikut adalah berbagai kelebihan dropship di banding jenis bisnis lainnya:

1. Tanpa Modal

Bisnis dropship online sebenarnya membutuhkan modal, tetapi sangat sedikit sekali. Salah satu modal bisnis ini adalah paket internet. Jika Anda ingin memulai bisnis dropship online tentu harus punya paket internet agar bisa terhubung ke internet.
Tanpa Modal
Tujuan Anda terhubung ke internet adalah untuk mengakses situs / halaman toko online dari supplier produk yang Anda pilih. Anda harus selalu up-to-date dengan toko tersebut agar bisa meningkatkan penjualan dari bisnis dropship Anda.

Jika ternyata toko tutup maka Anda pastinya harus segera mencari supplier baru. Untuk mengantisipasinya maka Anda harus online dan selalu mengecek keadaan toko online tersebut.

Modal paket internet ini sangat kecil sekali dan tentu saja malahan kebanyakan orang selalu membelinya untuk mengakses internet. Karena paket internet telah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat ( mungkin Anda juga ) maka bisa di katakan bisnis dropship ini tanpa modal.

2. Praktis dan Mudah Dijalankan

Bisnis dropship ini intinya adalah Anda menjadi seorang marketer untuk menjual produk orang lain secara online. Karena Anda hanya mengurus bagian promosi, maka Anda tidak usah dipusingkan dengan stok barang, pengiriman, dsb. Tentu hal ini sangat praktis dan mudah di jalankan.

3. Dapat Dikerjakan Dimana Saja

Hampir semua bisnis online dapat dikerjakan dimana saja. Anda bisa mengerjakan bisnis ini melalui laptop, atau ponsel pintar. Jika Anda mengerjakan bisnis ini dari laptop / komputer, maka Anda bisa melakukannya di rumah atau di warnet.
Dapat Dikerjakan Dimana Saja
Menggunakan ponsel pintar untuk mengerjakan bisnis dropship online akan menambah tingkat fleksibilitasnya secara maksimal. Pernah saya temui orang yang melakukan bisnis dropship ketika menghadiri kondangan. Fleksibel sekali bukan?

Inilah kelebihan dari bisnis dropship online daripada bisnis lainnya, karena Anda tidak perlu memusingkan masalah stok barang dan pengiriman. Maka Anda lebih leluasa lagi mengerjakan peluang bisnis dropship online ini darimana saja.

4. Tidak Repot

Jika Anda membuka toko online sendiri dan menyetok barang sendiri, maka Anda harus mengurus penataan barang, packing, serta pengiriman barang ke kurir-kurir tertentu. Anda juga harus selalu melakukan pengecekan stok barang serta melakukan orderan barang apabila stok menipis.
Praktis dan Mudah

Hal tersebut tidak akan perlu Anda lakukan jika Anda adalah seorang dropshipper.

5. Tanpa Biaya Operasional

Memulai sebuah bisnis perlu biaya / modal. Jika Anda memulai sebuah bisnis online, maka Anda tetap saja memerlukan biaya / modal agar bisnis Anda bisa berjalan lancar.

Biaya operasional dalam bisnis online di antaranya : Gaji karyawan, uang listrik, uang air, biaya packing, biaya transportasi, sewa tempat ( jika diperlukan ), biaya internet, dsb.

Kekurangan Bisnis Dropship

Bukan tanpa kekurangan, bisnis dropship juga punya masalah yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis dropship sangat bijak jika Anda mengetahui terlebih dahulu kekurangan bisnis ini.

Setelah mengetahui kekurangan bisnis ini, maka di harapkan apabila nantinya ada permasalahan yang terjadi, bisa Anda atasi dengan baik.

1. Tidak Bisa Memantau Stok dan Kualitas Barang

Salah satu hal yang berbahaya dari bisnis ini adalah Anda tidak bisa memantau stok barang yang Anda jual. Anda tidak mengetahui apakah barang ini masih banyak atau tidak di supplier Anda.

Hal ini bisa diatasi dengan menanyakan stok kepada supplier terlebih dahulu. Sebagian supplier yang baik mungkin akan membantu Anda, sedangkan yang lain tidak akan memperdulikan Anda.

Selain stok, Anda juga tidak bisa cek kualitas barang yang Anda jual. Hal ini sangat rentan membuat bisnis Anda hancur. Ketika Anda berusaha mengatakan barang supplier Anda sebagai barang berkualitas, dan kenyataan berbeda maka kepercayaan pelanggan Anda bisa hancur.

2. Kendala Pengiriman yang Sulit di Atasi

Suatu ketika ada konsumen yang ingin membeli barang kepada Anda, kemudian kesepakatan transaksi terjadi. Anda meneruskan kepada supplier barang pesanan pembeli tersebut, dan tidak berapa lama supplier konfirmasi bahwa barang sudah dikirim kepada Anda.
Kendala Pengiriman yang Sulit di Atasi
Tiga hari kemudian, pembeli menghubungi Anda dan mengatakan bahwa barang belum sampai. Kemudian Anda harus melakukan pengecekan status barang. Ternyata barangnya nyangkut di kota yang berbeda dari kota pembeli. Pada tahap ini, Anda tidak akan bisa menyelesaikan masalah ini sendiri, Anda harus menghubungi supplier dan meminta bantuan mereka.

Karena kota tempat tinggal Anda jauh dari kota tempat supplier mengirim barang, maka Anda harus menghubungi supplier Anda untuk membantu menyelesaikan masalah barang yang tersangkut tersebut. Repot lho mengurus yang beginian, apalagi ketika supplier tersebut malah lepas tangan dan tidak mau tahu.

3. Keuntungan Kecil daripada Bisnis Lainnya

Para dropshipper umumnya mendapatkan uang dengan meningkatkan harga barang. Berbeda dengan reseller, dropshipper pada umumnya mendapatkan harga barang yang cukup tinggi dari supplier.

Karena harga barang yang cukup tinggi maka sulit mendapatkan keuntungan yang tinggi pula dari barang tersebut.

Jika Anda menaikkan harga barang terlalu tinggi, maka tidak akan ada orang yang mau membeli dari Anda. Sedangkan jika tidak menaikkan harga barang agak tinggi, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang sedikit pula.

4. Bahaya Kehilangan Pelanggan

Saya pernah menderita hal ini, ketika menjadi seorang dropshipper, pelanggan saya berpindah tangan ke supplier saya. Hal itu tidak saya sadari pada awalnya, sampai ketika ada teman saya yang memesan barang kepada saya.
Bahaya Kehilangan Pelanggan
Ketika itu saya melakukan dropship seperti biasanya. Setibanya di tempat teman saya, dia mengabari bahwa tercantum nama situs, nomor hp, dan nama toko yang bukan punya saya. Setelah saya minta foto dan saya cek, ternyata itu adalah data supplier saya.

Dalam hal ini saya mengetahui bahwa supplier saya telah bertindak curang dengan mencoba mencomot langsung pelanggan saya. Karena saya punya kontak dari para pelanggan saya, segera saya mencoba menghubungi satu-per-satu.

Kenyataan pahit saya dapatkan, sebagian besar pelanggan saya telah menjadi pelanggan langsung supplier tersebut karena mereka melihat barang mereka harganya lebih murah!

Pengkhianatan seperti ini telah sering terjadi pada supplier-supplier nakal. Bagi Anda yang hanya seorang dropshipper, tidak ada yang bisa Anda lakukan! Ketika Anda protes, maka supplier akan memutuskan kerjasama dengan Anda.

Bahaya Kehilangan Pelanggan ini adalah satu-satunya alasan paling kuat yang membuat saya mengakhiri bisnis dropship saya.

Ingatlah bahwa bagi supplier nakal, melakukan cara ini untuk menggaet pelanggan tidaklah salah. Karena menurut mereka, Anda (dropshipper) bisa dapat uang karena mereka.

Sangat saya sarankan untuk mengikuti tips dibawah ini untuk menghindari terjadi hal ini.

Solusi untuk permasalahan ini membutuhkan kerjasama dari pelanggan Anda. Setiap Anda menjual sesuatu barang melalui proses dropship, sempatkan diri meminta foto barang yang diterima pelanggan Anda. Jika suatu hari supplier Anda ingin mengkhianati Anda, maka Anda bisa segera mengetahuinya.

Tips Memulai Bisnis Dropship

Berikut adalah rangkuman tips memulai bisnis dropship yang sukses:

  1. Carilah supplier yang terpercaya.
  2. Carilah supplier dengan barang yang murah.
  3. Usahakan memiliki lebih dari satu supplier sebagai cadangan ketika stok barang habis.
  4. Jangan terlalu menggemborkan barang.
  5. Jangan sembarangan menjawab pertanyaan pelanggan terhadap barang supplier yang Anda tidak mengerti.
  6. Selalu tekun dan konsisten dalam mempromosikan barang Anda.
  7. Hindari kerjasama dengan supplier yang sombong dan slow respon.

Tips Promosi Bisnis Dropship

Promosi barang dropship sangat mudah sekali, Anda bisa mempromosikan melalui sosmed ataupun blog pribadi Anda.

1. Memanfaatkan Sosial Media Facebook

Berikut adalah tips promosikan barang Anda di sosial media facebook:

  1. Masukklah ke grup jual beli yang sesuai dengan jenis barang yang Anda jual.
  2. Posting barang yang Anda jual lengkap dengan gambar dan deskripsi produk di grup tersebut.
  3. Posting di timeline Anda barang yang Anda ingin jual.
  4. Tag teman-teman Anda.

2. Memanfaatkan Blog

Berikut adalah tips promosikan barang di blog Anda:

  1. Pilihlah tema blog yang cocok untuk toko online dropship Anda.
  2. Posting setiap hari minimal 1 artikel yang berkaitan dengan produk Anda.
  3. Pasang kontak Anda besar-besar agar mudah di hubungi calon pelanggan.
  4. Buat deskripsi produk Anda sedetail mungkin.
  5. Optimasi SEO off-page dan on-page blog Anda.
  6. Promosikan blog Anda di sosial media.

Video Peluang Bisnis Dropship Online : Bisnis Tanpa Modal

Bisnis Dropship merupakan salah satu jenis bisnis yang masih banyak peminatnya. Salah satu faktor terbesar yang mendorong orang memulai bisnis ini adalah karena minim modal. Jika memungkinkan, sangat saya sarankan Anda naik tingkat dari dropshipper menjadi reseller.

Reseller adalah salah satu jenis bisnis dengan modal minim yang juga sangat populer. Bisnis reseller bisa dikerjakan secara fleksibel, sama seperti bisnis dropship. Selain itu, bisnis reseller juga terhindar dari kecurangan yang bisa terjadi di bisnis dropship.

Sampai sini saja artikel Peluang Bisnis Dropship Online : Bisnis Tanpa Modal. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan motivasi kepada Anda. Pertimbangkan semua kelebihan dan kekurangan sebelum memulai bisnis ini. Salam sukses.

Terms: cara bisnis dronsop tanpa modal harga murah, cara pintar mengerjakan belanja online untung banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy