Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak dengan 20 Tips Berikut

Cara Agar Cepat Tidur dengan 20 Tips Berikut. Tidak bisa tidur nyenyak adalah salah satu gangguan tidur yang sering dialami manusia. Dengan sering tidak bisa tidur nyenyak, maka seseorang bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Ada banyak hal yang menyebabkan orang sulit tidur atau mempertahankan tidur. Orang yang sulit tidur akan disebut menderita insomnia.

Salah satu penyebab insomnia adalah gaya hidup yang tidak sehat. Jika Anda mengalami insomnia, maka Anda harus mengubah gaya hidup Anda.

Sangat penting sekali membasmi insomnia sebelum insomnia yang membasmi Anda. Berbagai penyakit bisa muncul berawal dari insomnia. Mari pelajari cara mengatasi insomnia agar Anda bisa cepat tidur dengan 20 tips berikut.

Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak dengan 20 Tips Berikut

Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak dengan 20 Tips Berikut
Saya membagi 20 tips cara agar cepat tidur menjadi 3 bagian yaitu mengubah kebiasaan harian, persiapan sebelum tidur dan memancing kantuk jika tidak bisa tidur.

Dengan membagi menjadi 3 bagian maka Anda bisa mengetahui harus bagaimana untuk mengatasi gangguan tidak bisa tidur yang Anda alami.

A. Mengubah Kebiasaan Harian

Kebiasaan harian Anda haruslah diubah agar tubuh dan pikiran Anda bisa beristirahat pada waktunya. Mengubah kebiasaan harian erat kaitannya dengan mengubah gaya hidup.

1. Hindari Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman soda, dan minuman energi haruslah dihindari. Jangan mengkonsumsi salah satu dari minuman yang mengandung kafein dengan alasan apapun.
Hindari Minuman Berkafein
Kafein bisa bertahan 12 jam dalam darah sampai bisa dibersihkan sepenuhnya. Mengkonsumsinya pada pagi hari biasanya akan menambah energi dan semangat menjalani hari.

Bagi penderita insomnia, sedikitpun tidak boleh menyentuh kafein. Dengan tidak mengkonsumsi kafein maka Anda telah melenyapkan salah satu penyebab tidak bisa cepat tidur.

2. Olahraga Secara Teratur

Biasanya Anda malas olahraga karena tidak punya waktu? Mulai sekarang usahakan melakukan olahraga pada pagi hari ataupun sore hari.

Jika Anda pekerja kantoran, Anda bisa melakukan olahraga sore setelah pulang dari kerja. Tidak susah-susah, Anda bisa lakukan olahraga sederhana seperti lari ditempat, main skipping, push-up, sit-up, dsb.

Penting melakukan olahraga secara teratur agar tubuh bisa kelelahan pada saat malam menjelang tidur sehingga menaikkan persentase Anda bisa cepat terlelap.

3. Jangan Merokok atau Minum Minuman Beralkohol

Merokok dan minum alkohol cenderung merusak kesehatan dan mengganggu metabolisme tubuh. Dengan tidak merokok dan minum alkohol maka Anda akan terhindar dari potensi gangguan kesehatan ketika hendak tidur.
Jangan Merokok atau Minum Minuman Beralkohol
Salah satu gangguan malam yang bisa Anda rasakan karena merokok adalah batuk terus menerus. Karena batuk terus maka Anda akan sulit terlelap!

Anda pikir minum alkohol akan membuat Anda mudah tidur? Salah besar! Dengan minum alkohol maka ketika hendak tidur Anda bisa merasakan salah satu efek samping pengganggu seperti sakit kepala, leher tegang, pusing, mual, dsb.

B. Persiapan Sebelum Tidur

Sebelum beranjak tidur maka sebaiknya siapkan hal-hal berikut agar Anda lebih cepat tidur.

4. Dinginkan Kasur, Bantal dan Guling 2 Jam Sebelum Tidur

Jika Anda punya AC, maka hidupkanlah AC Anda di level paling dingin ( 16 derajat ) 2 jam sebelum tidur. Suasana kamar tidur serta kasur, bantal dan guling yang dingin akan membuat Anda lebih cepat tidur.

Kasur yang dingin akan terasa lebih enak dan nyaman serta mengundang kantuk.

5. Minum Segelas Susu Hangat 1 Jam Sebelum Tidur

Saya menyarankan Anda minum susu beruang hangat karena susu ini tidak akan membuat Anda gemuk. Susu beruang kaya akan kalsium sehingga akan meningkatkan potensi Anda bisa cepat tidur lelap dan nyenyak.

6. Menyelesaikan Hal yang Mengganggu Pikiran

Terkadang banyak hal yang Anda pikirkan bahkan ketika Anda sedang berbaring di tempat tidur. Hal ini harus dihindari agar Anda bisa segera tidur.

Jika hal yang Anda pikirkan adalah suatu hal yang bisa segera Anda selesaikan, maka selesaikanlah. Jangan menunda penyelesaian suatu hal agar pikiran Anda tidak terganggu karenanya.

7. Matikan Gadget dan Televisi

Gadget adalah salah satu penyebab terbesar orang tidak bisa tidur, terutama masyarakat kota. Kebutuhan masyarakat akan gadget yang begitu tinggi dan melekat, membuat orang-orang cenderung ingin terus berinteraksi dengan gadget daripada tidur.
Matikan Gadget dan Televisi
Matikan gadget dan televisi Anda minimal 30 menit sebelum Anda beranjak tidur. Hindari meletakkan gadget terlalu dekat dengan kasur Anda agar keinginan Anda untuk memegang gadget bisa berkurang.

8. Hilangkan Segala Hal yang Memungkinkan Mengganggu Tidur Anda Tengah Malam

Anda tentu akan sulit tidur ketika tiba-tiba tengah malam Anda merasa sangat kedinginan. Hal-hal yang mengganggu pada tengah malam, seperti AC yang terlalu dingin, suara kucing di atap, dsb, harus segera Anda atasi.

Bagi penderita insomnia sangat pantang terbangun tengah malam karena bisa-bisa tidak bisa lagi tidur sampai pagi.

9. Matikan Lampu Kamar

Cahaya lampu bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Oleh karena itu mematikan lampu ketika tidur adalah hal yang sangat perlu Anda lakukan.

Keadaan gelap akan membuat Anda lebih mudah tertidur. Jika tidak memungkinkan mematikan lampu kamar, Anda bisa gunakan penutup mata.

10. Ambil Posisi Tidur yang Paling Nyaman

Posisi tidur sangat besar pengaruhnya terhadap cepat-tidaknya Anda bisa tertidur. Oleh karena itu sangat penting mengambil posisi tidur yang paling nyaman untuk Anda.

11. Gunakan Penyumbat Kuping

Penyumbat kuping akan menghindarkan Anda dari suara yang mungkin bisa terdengar dan mengganggu Anda ketika tidur. Penggunaan penyumbat kuping / telinga sangat efektif membuat Anda bisa lebih mudah terlelap.

Pastikan Anda membeli dan menggunakan penyumbat kuping yang nyaman untuk Anda.
Gunakan Penyumbat Kuping

12. Gunakan Penutup Mata

Penggunaan penutup mata telah lama terbukti bisa membuat orang lebih terlelap. Dengan menutup mata maka tubuh akan bisa lebih rileks dan mudah terlelap.

13. Rileks dan Nikmati Kenyamanan Kasur Anda

Hal yang paling penting untuk bisa cepat tidur adalah Anda harus rileks dan merasakan kenyamanan kasur Anda. Sebagian orang akan merenggangkan kaki dan tangannya agar otot-ototnya tidak tegang dan lebih rileks.

Metode lain yang bisa dicoba adalah meminta pasangan Anda (jika ada) untuk memijit badan Anda agar lebih rileks.

C. Memancing Kantuk Jika Tidak Bisa Tidur

Jika Anda sudah mempersiapkan tidur yang cepat namun tetap tidak bisa tidur, maka pancinglah rasa kantuk. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memancing rasa kantuk. Yuk simak.

14. Meditasi Pernafasan Sampai Rasa Kantuk Datang

Meditasi pernafasan adalah salah satu metode yang bisa Anda coba untuk memancing rasa kantuk. Hasilnya memang tidak bisa secara instan, namun Anda patut mencoba melakukannya.

Setiap hari luangkanlah waktu untuk meditasi pernafasan. Meditasi pernafasan pada tingkat yang lebih dalam akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan mudah mengantuk.
Meditasi Pernafasan Sampai Rasa Kantuk Datang
Terkadang Anda akan mendapati pada saat meditasi, tubuh dan pikiran terasa sangat lemah dan sangat mengantuk. Pada saat tubuh seperti itu, segeralah berbaring dan ambil posisi yang nyaman. Dalam hitungan detik, Anda akan bisa terlelap.

15. Minum Segelas Air Hangat

Minum segelas air hangat jika Anda merasa tidak ada rasa kantuk sama sekali padahal sudah saatnya Anda tidur. Dengan demikian maka diharapkan tubuh Anda bisa segera rileks dan cepat tidur.

16. Dengarkan Musik Relaksasi / Suara Alam

Musik relaksasi / suara alam terbukti bisa membantu Anda tidur lebih cepat. Di youtube banyak sekali video music yang bisa Anda unduh musicnya saja dan mainkan ketika Anda sulit tidur.

Anda cukup mencari dengan kata kunci “Sleep music” atau “Relaxing music“.

Banyak situs yang menyediakan layanan agar Anda bisa menikmati lagu dari youtube. Anda cukup melakukan pencarian dengan Google saja.

17. Minum Obat Agar Bisa Tidur ( Konsultasi ke Dokter Terlebih Dahulu )

Minum obat yang diresepkan dokter agar bisa cepat tidur. Namun Anda harus konsultasikan diri kepada dokter pada setiap obat yang hendak Anda konsumsi.

Jangan sampai Anda ditangkap karena penggunaan obat yang tidak ada resep dokter!

18. Visualisasi Tempat yang Membuat Anda Nyaman dan Mengantuk

Tutup mata Anda dan visualisasikan tempat yang bisa membuat Anda nyaman dan mengantuk. Setiap orang punya tempat yang nyaman baginya dan memvisualisasikan mengunjungi tempat tersebut bisa memancing rasa nyaman dan ngantuk.

Dengan melakukan visualisasi, Anda juga bisa menghilangkan potensi di ganggu pikiran-pikiran yang berkeliaran. Kuncinya hanya satu, Anda harus benar-benar merasakan visualisasi tersebut.

19. Cuci dan Dinginkan Kaki

Cuci dan dinginkan kaki Anda dengan air agar Anda bisa segera tertidur. Hal ini sangat efektif bagi Anda yang berada pada kondisi tempat tidur yang panas.
Cuci dan Dinginkan Kaki
Walaupun sejuk dan dingin, Anda juga tidak boleh terlalu sering melakukan hal ini. Selain bisa membuat Anda sakit, terlalu sering dinginkan kaki juga bisa membuat Anda terkena kutu air.

20. Terima Kenyataan dan Berdamai dengan Keadaan

Sudah ratusan cara Anda coba untuk cepat tidur tetapi Anda tetap saja tidak bisa tidur. Anda tidak ingin minum obat tidur, karena Anda takut ketergantungan.

Cara terbaik mengatasi hal ini adalah Anda terima kenyataan bahwa Anda sedang tidak bisa tidur cepat. Anda juga berdamai dengan keadaan ini, alih-alih takut ataupun cemas.

Anda menerima kenyataan bahwa Anda sedang insomnia dan sedang sangat siaga. Anda menerima keadaan bahwa Anda tidak merokok, tidak minum alkohol ataupun obat terlarang, Anda masih saja begitu siaga.

Dengan menerima kenyataan, maka Anda tidak membenci, ataupun takut tidak bisa tidur cepat. Anda hanya menikmati saja keadaan dimana Anda sedang tidak bisa tidur.

Karena tidak bisa tidur maka Anda bisa menikmati waktu dan diri Anda sendiri. Dengan demikian walaupun Anda tidak tidur, Anda tidak akan cemas lagi.

Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter apabila mengalami insomnia berkepanjangan dan gangguan kesehatan lainnya.

Terms: cara biar cepat tidur, tips tidur nyenyak, cara agar cepat tidur, cara agar tidur nyenyak sampai pagi, cara agar cepat tidur lelap, Cara biar bisa t, cara agar tidur lelap sampai pagi, cara agar malam tidur cepat dan teratur, cara agar bisa enak tidur, bagaimana kita bs tdr yg teratur resep

1 Comment

Add a Comment
  1. makasih admin artikelnya sangat membantu

    Sama-sama gan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Areablogger.com © 2018
About Us | Contact Us Disclaimer | Privacy Policy